Rabu, 15 Februari 2012

Taujih Menghafal Al-Qur’an

Bisa jadi orang yang tidak menghafal quran itu adalah orang yang bukan tidak ingin tetapi orang tidak terfikirkan setiap harinya untuk menghafal quran. Maka peliharalah semangat untuk menghafal quran itu setiap hari..

Yang dituntut adalah menghafal quran bukan hafal quran, masalah hafal atau tidaknya setelah kita menghafal quran itu bab lain.

Menghafal quran tidak seperti menghafal buku pelajaran atau materi kuliah.. jika kita tidak hafal buku atau materi kuliah maka kita tidak bisa mengerjakan soal ujian dan otomatis nilai kita akan rendah. Namun dalam menghafal quran, walaupun hasil akhirnya kita tidak hafal quran tetapi nilai kita tetap tinggi dimata Allah.. walau hafalan quran kita ada yang lupa namun amal menghafal kita sudah dicatat oleh malaikat..

Mengapa harus menghafal quran?

  1. Dengan menghafal quran berarti kita telah membacanya juga.. Dan pahala membaca quran itu sangat besar apalagi jika diulang-ulang
  2. Alquran akan menjadi syafaat di hari kiamat nanti

    Rasulullah SAW bersabda “Bacalah Al-Quran, sebab kelak pada hari kiamat dia akan datang memberikan syafaat kepada pembacanya.” (H.R. Muslim)

  3. Iri yang diperbolehkan adalah kepada penghafal Quran

    Nabi SAW bersabda, “Tidak boleh ada iri, kecuali dalam dua hal, yakni terhadap seorang yang diberi kemampuan menghafal Quran, lalu ia baca, baik pada malam hari maupun siang hari; dan terhadap seseorang yang dikaruniai harta oleh Allah lalu ia infaqkan, baik pada malam hari maupun siang hari.” (H.R. Bukhari-muslim)

  4. Terbata-bata pun mendapat pahala

    Rosulullah SAW bersabda, “Orang yang gemar membaca Al-Quran dan sudah lihai dalam membacanya kelak akan bersama golongan mereka yang mulia lagi berbakti. Adapun orang yang gemar membaca Al-Quran namun dalam membacanya masih terbata-bata, maka dia akan mendapat dua pahala.” (H.R. Bukhari-Muslim)

  5. Turun sakinah dan rahmat Allah

    Rosulullah bersabda, “Tidaklah suatu kaumberkumpul di salahsatu rumah Allah lalu membaca kitab Allah dan mempelajarinya, melainkan akan turun ketenangan kepada mereka; mereka akan diliputi rahmat; mereka akan dinaungi para malaikat; dan Allah akan membanggakan mereka dihadapan malaikat yang ada disisi-Nya.” (H.R. Muslim)

  6. Dan banyak lagi kebaikan lainnya di dunia maupun di akhirat

Tips, menghafal quran dan menjaga hafalan quran:

  1. Ada teman “sparing partner” atau ustad, murobbi, dst.. untuk murojaah bareng, tempat menyetorkan dan mengevaluasi hafalan
  2. Ayat / surat yang telah dihafal harus sering dipake sholat, terutama Tahajjud dan sholat sunnat lainnya
  3. Waktu yang baik untuk menghafal adalah waktu subuh (sebelum atau sesudahnya)
  4. Tumbuhkan keinginan untuk menghafal atau mengulang hafalan (murojaah) setiap hari

Dan benar kata pak ustadz, satu Ibadah yang dilakukan itu akan menumbuhkan Ibadah lainnya.. contohnya jika kita menghafal quran maka kita akan berusaha untuk rajin sholat Tahajjud, sholat dhuha, dsb.. untuk mengulang hafalan kita..

Terakhir, perhatikan hadits berikut ini:

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

- Ayo targetkan di 2012 ini menghafal quran –

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts